Saterdag, 04 Mei 2013

Rangkuman IPA Kelas V Semester 1 "PERNAFASAN MANUSIA DAN HEWAN"




PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN

A. Alat Pernapasan Manusia
Alat pernapasan manusia adalah paru-paru.
1.      Bernapas adalah menghirup oksigen (O2) dan mengeluarkan karbondioksida (CO2).
2.      Diafragma adalah sekat antara rongga dada dan rongga perut.
3.      Pleura adalah selaput tipis yang membungkus paru-paru.
4.      Bronkus adalah tulang rawan yang bercabang dua pada tenggorokan.
5.      Alveolus adalah gelembung-gelembung halus di dalam paru-paru, tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbondioksida.
6.      Ada dua jenis pernapasan pada manusia yaitu pernapasan dada danpernapasan perut. Pernapasan dada adalah pernapasan dengan menggunakan bantuan gerakan tulang rusuk. Pernapasan diafragma adalah pernapasan dengan menggunakan diafragma.
7.      Proses bernapas yaitu pada saat kita menarik napas, udara masuk melalui hidung, didalam hidung terdapat rambut hidung yang berguna untuk menyaring udara yang masuk kedalam hidung serta lendir yang berguna untuk menghangatkan dan melembabkan udara serta menahan kuman yang terhirup agar tidak masuk kedalam paru-paru, kemudian udara masuk ketenggorokan lalu ke paru-paru. Oksigen akan diserap oleh alveolus, sedangkan karbondioksida dihembuskan keluar melalui tenggorokan dan hidung.

B. Alat Pernapasan Hewan
1.      Burung
Burung bernapas dengan paru-paru. Burung mempunyai alat pernapasan yang di sebut pundi-pundi (kantong)  udara, yang berguna untuk menyimpan udara yang digunakan pada waktu terbang.
Proses pernapasan burung : udara masuk melalui hidung →tenggorokan → pundi2 udara → paru-paru.


2.      Reptil
Reptil bernapas dengan paru-paru. Reptil yang sering berkubang di air misalnya buaya, lubang hidungnya dapat ditutup sewaktu menyelam agar air tidak masuk ke dalam paru-paru. Contoh reptil yaitu ular, buaya, kadal, cicak, dan biawak.
3.      Mamalia
Mamalia bernapas dengan paru-paru. Paus dan lumba-lumba termasuk mamalia yang mempunyai lubang khusus di atas kepalanya dan pada saat menghirup udara mamalia ini sering muncul ke permukaan air.
4.      Ikan
Ikan bernapas dengan insang yang berjumlah 4 pasang. Ikan memiliki gelembung renang yang berfungsi untuk menyimpan oksigen dan mengatur gerak naik turun. Labirin adalah lipatan-lipatan pada insang sebagai alat bantu pernapasan pada saat ikan berada d lumpur
5.      Amfibi
Katak disebut hewan amfibi karena dapat hidup di dua alam yaitu di darat dan di air. Tahap perkembangan katak yaitu telur, berudu (hidup di air), katak muda, dan katak dewasa (hidup di darat). Berudu bernapas dengan insang. Katak dewasa bernapas dengan paru-paru dan juga dengan kulit, oleh karena itu kulit katak selalu kelihatan basah, guna untuk mengikat oksigen.
6.      Serangga
Serangga bernapas dengan trakea. Trakea adalah pembuluh-pembuluh halus yang bercabang di seluruh bagian tubuh serangga dan bermuara pada stigma. Stigma adalah lubang (corong) yang berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara yang terletak di kanan dan kiri tubuh serangga. Contoh serangga adalah nyamuk, belalang, lalat, rayap dan kupu-kupu.
7.      Cacing
Cacing bernapas menggunakan permukaan kulit. Oksigen masuk ke dalam tubuh cacing melaui permukaan kulit tubuhnya yang basah.

C. Hal-hal yang Mengganggu Alat Pernapasan Manusia
1.      Udara tercemar
*      Pencemaran udara dapat berupa debu, asap dan bau tidak sedap.
*      Asap pada kendaraan bermotor mengandung racun berbahaya yaitu karbon monoksida.
*      Asap rokok mengandung nikotin yang mengganggu kesehatan alat pernapasan.
2.      Kuman Penyakit
*   Influenza : Influenza ditularkan oleh kuman melalui udara pada saat penderita bersin atau batuk.
*   Pneumonia :  Pnemonia adalah penyakit radang paru-paru yang menyerang tiba-tiba dan cepat menjadi parah.
*   Tuberkulosis ( TBC )
.
D. Memelihara Kesehatan Alat Pernapasan
1.                  Makan makanan bergizi.
2.                  Berolahraga teratur.
3.                  Menjaga kebersihan.
4.                  Menjauhi asap rokok.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking